Senin, 13 Desember 2010

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat


Pelapisan Sosial

Pelapisan sosial adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara bertingkat.
Hal – hal yang menjadi penyebab terjadinya pelapisan sosial :
a.        terjadi dengan sendirinya
Dalam proses ini tidak terjadi unsur kesengajaan yang di buat – buat karena semua proses yang ada di sini murni karena kejadian alamiah yang berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakatnya sendiri.
b.       terjadi dengan disengaja
dalam proses ini terjadi penyusunan rencana yang di tujukan untuk tujuan bersama. Dalam system pelapisan ini di tentukan secara jelas tentang wewenang dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang. System pelapisan yang seperti ini ada di banyak organisasi diantaranya pemerintahan, perusahaan, perkumpulan dll.

Kesamaan Derajat
Kesamaan derajat adalah suatu hal yang tidak melihat dalam segi apapun secara perorangan yang hannya mengetahui bahwa tidak adanya perbedaan antara manusia lain dengan yg lainnya. Ada undang – undang yang mengatur tentang persamaan hak antara lain :
                ~   Pasal 1
                ~   Pasal 2 Ayat 1
                ~   Pasal 7

Elite dan Massa
Elite adalah sebutan untuk mereka yang memiliki kedudukan, jabatan atau kekuasaan yang tinggi. Elit memiliki funfsional dapat berkuasa dab menentukan dalam studi sosial. Elite adalah suatu minoritas pribadi – pribadi yang diangkat untuk melayani suatu kolektivitas dengan cara bernilai sosial.
Massa adalah masyarakat yg terdiri dari banyak manusia yang memiliki aspirasi sosial yg tinggi dan berfikir kritis.
Hal – hal yang penting yg membedakan ciri – ciri di dalam massa :
a.       Keanggotaannya berasal dari semua lapisan masyarakat atau strata sosial, meliputi orang – orang dari berbagai posisi kelas yang berbeda, dari jabatan kecakapan, tingkat kemakmuran atau kebudayaan yang berbeda –beda.
b.      Massa merupakan kelompok yang anonym, atau lebih tepat, tersusun dari individu – individu yang anonym.
c.       Sedikit sekali interaksi atau bertukar pengalaman antara anggota – anggotanya.
d.      Very loosely organized, serta tidak bisa bertindak secara bulat atau sebagai suatu kesatuan seperti halnya / crowd.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India