Selasa, 14 Desember 2010

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat


Kepentingan merupakan dasar timbulnya tingkah laku individu. Individu bertingkah laku karena adanya motivasi untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhannya. Jika kepentingan dan kebutuhan itu terpenuhi individu akan merasa puas sedangkan jika gagal akan dapat menimbulkan masalah baru dalam individu tersebut.


Prasangka diskriminasi dan ethosentris

Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa di jumpai dalam kehidupan bermasyarakat hal ini disebabkan oleh kecendrungan manusia untuk membeda – bedakan.
Perasaan dalam dan luar kelompok merupakan dasar untuk suatu sukap yang disebut ethosentris. Sikap ethosentris ini diajarkan kepada anggota kelompok baik secara sadar maupun tidak sadar yang secara bersamaan dengan nilai – nilai kebudayaan.


Pertentangan Sosial / Ketegangan Dalam Masyarakat
Konflik merupakan suatu unsur yang dalam pengembangan dan perubahan. Konflik bukan berarti selalu bersifat merusak karena konflik juga dapat menimbulkan kekuatan yang konstruktif dalam kehidupan berkelompok.


Integrasi Sosial dan Integrasi Nasional

Integrasi berasal dari bahasa inggris “integration” yang memiliki arti kesempurnaan atau keseluruhan. Definisi lain dari integrasi adalah suatu keadaan dimana suatu kelompok – kelompok beradaptasi terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat, namu masih tetap mempertahankan kebudayaan masing – masing.  

Integrasi sosial adalah suatu proses penyesuaian diantara unsur – unsur yang saling berbeda dalam kehidupan bermasyarakat oleh karena itu dapat menghasilkan pola kehidupan yang memiliki berbagai fariasi didalam kehidupan bermasyarakat.

Integrasi Nasional adalah penyatuan bagian – bagian yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih komplek/utuh atau memadukan masyarakat kecil menjadi suatu bangsa. Dapat pula diartikan sebagai kemampuan pemerintah yang semakin menigkat untuk menerapkan kekuasaannya di seluruh wilayahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India