Senin, 22 Oktober 2012

Ragam Bahasa


Ragam bahasa merupakan variasi bahasa menurut berbagai orang, tergantung dengan topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, dan lain lain.

Hal – hal yang menyebabkan adanya perbedaan ragam bahasa adalah perbedaan wilayah, Perbedaan demografi, Perbedaan adat istiadat, dan masih banyak lagi faktor yang lain. Hal tersebut dapat menyebabkan adanya perbedaan ragam bahasa karena wilayah sini dan wilayah yang lainnya memiliki kehidupan masing-masing.

Ragam bahasa dapat diungkapkan dengan berbagai cara  :
+Secara lisan, maksudnya adalah penyampaian ragam bahasa yang keluar sebagai tutur kata yang digunakan untuk kehidupan sehari hari. Dalam ragam bahasa lisan ini, pembicara dapat memanfaatkan tinggi rendah suara atau tekanan, raut muka, gerak tangan atau isyarat untuk mengungkapkan ide.

Kelebihannya adalah :
-Lebih efisien.
-Lebih fleksibel.
-Dapat menyesuaikan dengan keadaan yang ada.
-dll.

 

Ragam bahasa secara lisan memiliki kelemahan antara lain :
- Tidak semua orang bisa melakukan bahasa lisan.
-Aturan-aturan bahasa yang dilakukan tidak formal.
-Munculnya tutur kata yang tidak sopan untuk orang lain.
-dll.


+Secara Tulisan, adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya.  penyampaian ragam bahasa ini dengan cara menuliskan kata kata yang menjadi untaian kalimat untuk menyatakan ekspresi diri. Dalam ragam tulis, kita berurusan dengan tata cara penulisan dan kosakata.
Kelebihan dari ragam bahasa tulisan :
-informasi yang dipilih dapat dipublikasikan melewati berbagai media.
- Umumnya memiliki kedekatan budaya dengan kehidupan masyarakat
Kelemahan ragam bahasa secara tulisan :
- Tidak mampu menyajikan berita secara lugas, jernih dan jujur, jika harus mengikuti kaidah-kaidah bahasa yang dianggap cenderung miskin daya pikat dan nilai jual.
- Alat atau sarana yang memperjelas pengertian seperti bahasa lisan itu tidak ada akibatnya bahasa tulisan harus disusun lebih sempurna.
- Yang tidak ada dalam bahasa tulisan tidak dapat diperjelas.

Ragam bahasa berdasarkan situasi :
+Secara Formal.
Ragam bahasa adalah ragam bahasa baku, ragam yang mengikuti kaidah yang ada, atau aturan kebahasaan. Ragam bahasa ini digunakan untuk komunikasi resmi, wacana teknis, pembicaraan di depan khalayak ramai, pembicaraan dengan orang yang dihormati, dll.

+Secara SemiFormal.
Ragam bahasa ini memiliki keunikan tersendiri, karena kaidahnya sama seperti ragam bahasa formal, tetapi hanya tidak secara konsisten dilakukan pada saat tujuan tertentu. Contohnya adalah bahasa jurnalistik yang biasanya pembaca berita tidak selalu dengan kata – kata yang baku
 
+Secara NonFormal.
Ragam bahasa ini tidak mutlak untuk menggunakan kaidah kata baku yang ada, atau memiliki ciri tidak sesuai dengan kaidah aturan yang tetap. Contoh ragam bahasa ini seperti seseorang yang sedang berbicara santai dengan seorang temannya.
 

Sumber :
http://maulodonk221027.blogspot.com/2012/06/faktor-faktor-yang-menyebabkan_25.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India