Kamis, 31 Mei 2012

Kelompok Dalam Organisasi


Kelompok
Kelompok – kelompok dalam oraganisasi dibentuk dari bagian struktur Oraganisasi formal, Dapat pula kelompok dapat muncul dari proses sosial dan oraganisasi informal.
Kelompok atau Grup didefinisikan sebagai dua atau lebih individu yang saling berkerjasama untuk mencapai satu tujuan. Suatu kinerja kelompok akan lebih efisien ketika di letakkan di ruang lingkup organisasi karena suatu tujuan akan lebih cepat tercapai jika didalam pengelolaannya dikerjakan secara berstruktur atau berkelompok.

Peran Individu dalam Oraganisasi
Peran Individu dalam organisasi ini menjadi lebih penting ketika organisasi tersebut memulai suatu fungsi, sebab tanpa adanya keterlibatan dari individu tidak akan berjalan sebagaimana mestinya suatu organisasi.
Keterlibatan dan partisipasi dari individu ini memiliki peran yang beragam dan mempunyai keterkaitan terhadap organisasi. Individu adalah komponen yang vital dalam suatu organisasi, tetapi tidak akan berjalan efisien jika hanya terdiri dari “individu” di butuhkan banyak individu untuk menjalankan oraganisasi yang nantinya dapat menjadi kelompok – kelompok dalam oraganisasi untuk mencapai suatu tujuan oraganisasi.

Bentuk – bentuk Kelompok dalam Organisasi
1. Kelompok Formal
Kelompok ini dibangun akibat dari pola struktur dan pembagian kerja. Kelompok ini sangat mementingkan aspek yang terdapat dalam struktur organisasi. Kelompok formal cenderung permanen, kendati terdapat perubahan keanggotaan aktualnya.  Kendati demikian, kelompok formal temporer ini juga diciptakan oleh manajemen, misalnya pembentukan tim-tim berorientasi proyek dalam organisasi yang bercorak matriks. Kelompok kerja formal dapat dibedakan lewat sejumlah cara, semisal berdasar keanggotaan, tugas yang dilakukan, sifat teknologi, atau posisi di dalam struktur organisasi.
2. Kelompok Informal
Kelompok informal pembentukannya lebih didasarkan pada hubungan dan persetujuan informal di antara para anggota kelompok ketimbang hubungan peran yang telah ditentukan manajemen. Alasan utama terbentuknya organisasi informal adalah untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan manusiawi yang tidak sepenuhnya dapat dipuaskan oleh organisasi formal, seperti pengenalan diri, pengetahuan tentang prilaku yang diterima, perhatian, pelestarian nilai budaya, bantuan dalam pencapaian tujuan, kesempatan berpengaruh dan berkreasi dan kebutuhan akan informasi serta berkomunikasi dalam pengelompokan organisasi nasional.

Pengalaman Berorganisasi
Mungkin saya tidak memiliki pengalaman berorganisasi yang WoW. Saya hanya pernah menjadi pemimpin dari suatu kelompok yang di dalamnya terdapat individu2 yang berfikir kritis. Dalam memimpin kelompok saya disini harus bisa berfikir lebih kritis dari individu2 yang ada di kelompok supaya dalam kelompok tersebut dapat berjalan dengan sedemikian keinginan kelompok, saya lebih harus Up to Date..

Disadur dari :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai modem, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2294/1/01-03-013.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Balas

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India