Jumat, 10 Desember 2010

Individu Keluarga dan Masyarakat


Individu, Keluarga dan Masyarakat

·         Individu
Individu adalah adalah bagian terkecil dari suatu kelompok yang hannya ada satu orang saja. Dalam ilmu sosial individu menekan penyelidikan kepada kenyataan – kenyataan hidup yang istimewa.
Individu bukan berarti manusia sebagai keseluruhan kesatuan yang tak dapat di bagi, melainkan sebagai kesatuan yg terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan.
Individu adalah seseorang yang memiliki khas pada lingkungan sosialnya, melaikan memiliki kepribadian yang spesifik dari dirinya sendiri.
Individu dalam bertingkah laku menurut pola pribadinya ada tiga kemungkinan : menyimpang dari norma kolektif kehilangan individualitas atau takluk terhadap kolektif. Mencari titik optimum antara dua pola tingkah laku (sebagai masyarakat maupun sebagai anggota masyarakat). Sebelum “baik” atau “tidak baik” pengaruh individu terhadap masyarakat adalah relatif.
·         Keluarga
Keluarga adalah salah satu dari kelompok yang lebih besar dari individu.
Keluarga yang biasanya terdiri dari ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya. Keluarga dalam kehidupan sehari – hari sangat berpengaruh terhadap kelakuan dalam hidup bermasyarakat keluarga dapat membawa kita kearah yang baik atau kearah yang buruk.
Contoh keluarga dapat membawa kita kearah yang baik adalah orangtua yang selalu member motifasi terhadap anaknya agar menjadi manusia yang berguna. Dan sebagai contoh dapat membawa kita kearah yang buruk adalah orangtua yang membiarkan anaknya mabuk – mabukan dan memakai narkoba.
Maka dari itu keluarga dalam kehidupan itu sangat berarti untuk kelangsungan hidup kita.

·         Masyarakat
Merupakan sekumpulan manusia yang ada di suatu wilayah, yang hidup lebih mandiri, memiliki kebudayaan, dan kebiasaan yang berbeda beda dari setiap manusianya sendiri.

·         Hubungan antara individu keluarga dan masyarakat
Individu keluarga dan masyarakat sangat erat karena individu adalah bagian dari keluarga dan keluarga adalah bagian dari masyarakat. Individu keluarga dan masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat saling berinteraksi. Sebagai contoh adalah interaksi antara kepala keluarga dengan kepala keluarga lainnya.

·         Urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi adalah salah satu perpindahan yang sering terjadi. Contohnya adalah masyarakat desa yang memilih mencoba peruntungan di ibu kota Indonesia yaitu Jakarta, menurut mereka di Jakarta lebih mudah mendapatkan suatu pekerjaan.
urbanisasi ini terjadi karena timbulnya sugesti bahwa daerah perkotaan itu lebih baik dari pada daerah pedesaan yang kurang maju dibandingkan perkotaan.

 
Sumber D.EBook And My Friend!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India