Selasa, 26 Oktober 2010

ISD (Ilmu Sosial Dasar)

ISD (Ilmu Sosial Dasar)

Dalam kalangan mahasiswa ilmu sosial dasar ini sering juga disingkat menjadi ISD, dikebanyakan kalangan masyarakat ilmu sosial dasarbelum secara baik diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu sosial dasar (ISD) tidak beda dengan Soft Skills. Simak tulisan dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang ilmu sosial dasar (ISD).


Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah sebuah ilmu pengetahuan yang masalah yang ada di kehidupan sehari hari. Khususnya diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan fakta, konsep, dan teori yang berasal dari berbagai pengetahuan. Ilmu sosial dasar bukan termasuk dalam ilmu yang di padukan dari beberapa ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing ilmu sosial memiliki kajian metode ilmiah tersendiri yang tidak bisa untuk dipadukan.

Ilmu Sosial Dasar (ISD) Bertujuan untuk membantu kepekaan dalam pembelajaran pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memiliki pemikiran yang lebih luas, dan kepribadian yang lebih, khususnya yang berkenaan dalam tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Dari kebanyakan ilmu pengetahuan secara umum ilmu pengetahuan dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu : Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Humaniora.


Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Sedikit pengertian dari Ilmu pengetahuan Sosial, adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji masalah sosial di masyarakat dari berbagai aspek kehidupan.

I. Perbedaan antara ISD dan IPS

1. Ilmu sosial dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang ilmu pengetahuan sosial merupakan dari berbagai kelompok pelajaran.

2. Ilmu sosial dasar lebih menuju pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial lebih menuju dalam pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

II. Persamaan antara ISD dan IPS

1. Keduanya adalah bidang pelajaran yang penting dalam program pendidikan.

2. Keduanya disiplin ilmu yang tidak berdiri sendiri.

3. Keduanya mempunyai materi yg ada di kenyataan sosial.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri dari masalah sosial. Untuk menelaah masalah tersebut kita harus terlebih dahulu mengidentifikasi kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Oleh karena itu bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar kita bedakan menjadi tiga golongan, yaitu :

I. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yg secara bersamaan merupakan masalah sosial tertentu.

II. Konsep-konsep sosial tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.

III. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat yang biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain bersangkutan.


Sumber : Digital Books

1 komentar:

Irfan Hikmatiar mengatakan...

ternyata ips ama isd beda yah...
nice post bro..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India