Sabtu, 07 Mei 2011

KEADILAN

keadilan adalah kondisi dimana kebenaran ideal secara moral mengenai suatu hal. menurut John Rawls, filsuf Amerika Srikat menyatakan bahwa keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagainmana halnya kebenaran pada sistem pemikiran. tetapi menurut banyaknya teori juga, keadilan belum tercapai.
keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. kelayakan tersebut dapat diartikan sebagai titik tengah diantara ke dua ujung ekstream yg terlalu banyak dan terlalu sedikit.
sedangkan keadilan oleh Socrates adalah keadilan akan tercipta bilamana warga negara sudah merasakan bahwa pihak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

bisa di bilang bahwa orang dapat menganggap keadilan sebagai sebuah gagasan atau absolut dan mengasumsikannya bahwa pengetahuan dan pemahaman tentangnya hannya bisa di dapatkan secara parsial dan melalui upaa filosofis yang sangat sulit. atau juga orang dapat melihat keadilan sebagai hasil dari pandangan umum agama atau filsafat trentang dunia secara umum.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India