Aplikasi Sistem
berbasis Pengetahuan pada Kehidupan
Aplikasi Game Akinator
Disini saya akan mengulas tentang pengaplikasian SBP pada
Game Akinator. Salah satu game berbasis web yang di aplikasikan dengan program
flash, Game ini bertujuan untuk menebak siapa Charakter yang kita tuliskan
disaat memulai game ini.
Cara memainkan game :
Ø
User menuju ke halaman web http://en.akinator.com/.
Kemudian akan tampil halaman muka dari games.
Ø
Kemudian klik label ”Play” untuk memulai
permainan. Kemudian akan muncul tampilan yang akan meminta user untuk
memasukkan nama, umur dan gender user (Karakter yg dimaksud).
Ø
Setelah user selesai memasukkan semua data, klik
”Play”.
Ø
Kemudian user akan disuguhkan dengan beberapa
pertanyaan yang bersifat multiple-choice yang wajib dijawab user sesuai dengan
karakter yang user pikirkan.
Salah
satu pertanyaan yang di ajukan
Ø
Seperti pada gambar diatas, terdapat 5 buah
jawaban multiple-choice yang disuguhkan, yaitu “Yes”, “No” , “Don’t Know” ,
“Probably” dan “Probably Not”. Jawaban-jawaban tersebut harus dijawab dengan
benar sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. User cukup menjawab
multiple-choice sehingga sistem akan membangkitkan rule sesuai dengan
kebutuhannya.
Ø
Ketika sampai pada tahap kesimpulan, sistem akan
menebak. Dan sistem akan menampilkan karakter yang sebelumnya telah user
pikirkan tadi.
Ø
Jika jawaban yang ditampilkan salah, maka sistem
akan mengaktifkan rule baru sekaligus menyimpan kegagalannya menjadi fakta baru
ke dalam sistemnya.
Ø
Ketika seluruh jawaban gagal, akan ditampilkan
form dimana user bisa memasukkan karakter yang sebenarnya. Dengan demikian
sistem akan kembali memperoleh pengetahuan baru dan akan semakin memperkaya
pengetahuan yang sudah dimiliki. Singkat kata, makin sering game dimainkan
sistem akan semakin pintar. Dan user sekaligus berperan sebagai knowledge
source bagi sistem.
Gambar
“form dimana user bisa memasukkan karakter yang sebenarnya”.
Kesimpulan
Inilah suatu bukti, ketika kreativitas dapat dicapai, suatu
teknologi dapat dijadikan menjadi sebuah hal yang menarik. Selama ini yang
sering kita lihat, penggunaan sistem berbasis pengetahuan hanya sebatas pada
penggunaan area medis dan hal-hal yang rumit. Tapi, games akinator ini
memberikan bukti bahwa SBP dapat menghibur kita juga.
0 komentar:
Posting Komentar