Selasa, 08 Januari 2013

Games Ankinator - Sistem Berbasis Pengetahuan


Aplikasi Sistem berbasis Pengetahuan pada Kehidupan
Aplikasi Game Akinator
Disini saya akan mengulas tentang pengaplikasian SBP pada Game Akinator. Salah satu game berbasis web yang di aplikasikan dengan program flash, Game ini bertujuan untuk menebak siapa Charakter yang kita tuliskan disaat memulai game ini.
Cara memainkan game :
 Ø  User menuju ke halaman web http://en.akinator.com/. Kemudian akan tampil halaman muka dari games.

 Ø  Kemudian klik label ”Play” untuk memulai permainan. Kemudian akan muncul tampilan yang akan meminta user untuk memasukkan nama, umur dan gender user (Karakter yg dimaksud).

 Ø  Setelah user selesai memasukkan semua data, klik ”Play”.
 Ø  Kemudian user akan disuguhkan dengan beberapa pertanyaan yang bersifat multiple-choice yang wajib dijawab user sesuai dengan karakter yang user pikirkan.

Salah satu pertanyaan yang di ajukan

 Ø  Seperti pada gambar diatas, terdapat 5 buah jawaban multiple-choice yang disuguhkan, yaitu “Yes”, “No” , “Don’t Know” , “Probably” dan “Probably Not”. Jawaban-jawaban tersebut harus dijawab dengan benar sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. User cukup menjawab multiple-choice sehingga sistem akan membangkitkan rule sesuai dengan kebutuhannya.
 Ø  Ketika sampai pada tahap kesimpulan, sistem akan menebak. Dan sistem akan menampilkan karakter yang sebelumnya telah user pikirkan tadi.

 Ø  Jika jawaban yang ditampilkan salah, maka sistem akan mengaktifkan rule baru sekaligus menyimpan kegagalannya menjadi fakta baru ke dalam sistemnya.
 Ø  Ketika seluruh jawaban gagal, akan ditampilkan form dimana user bisa memasukkan karakter yang sebenarnya. Dengan demikian sistem akan kembali memperoleh pengetahuan baru dan akan semakin memperkaya pengetahuan yang sudah dimiliki. Singkat kata, makin sering game dimainkan sistem akan semakin pintar. Dan user sekaligus berperan sebagai knowledge source bagi sistem.

Gambar “form dimana user bisa memasukkan karakter yang sebenarnya”.
Kesimpulan
Inilah suatu bukti, ketika kreativitas dapat dicapai, suatu teknologi dapat dijadikan menjadi sebuah hal yang menarik. Selama ini yang sering kita lihat, penggunaan sistem berbasis pengetahuan hanya sebatas pada penggunaan area medis dan hal-hal yang rumit. Tapi, games akinator ini memberikan bukti bahwa SBP dapat menghibur kita juga.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India